Featured Post

Super Cleansing Tea, Teh Detox dengan Kandungan Bahan Alami

harianbekasi.com - Teh detox adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada jenis teh yang di klaim memiliki sifat detoksifikasi atau mem...

8.9.19

Bagaimana Caranya Agar Bisa Mempertahankan Team Dalam Organisasi Direct Selling


Hari ini saya kedatangan tamu, seseorang yang sudah mencapai predkat Manager dalam sebuah organisasi Direct Selling Management Training. Karir sebagai Manager dalam bisnis organisasi Direct Selling merupakan karir yang tidak mudah untuk di raih.  Di butuhkan banyak pengorbanan yaitu waktu, tenaga, pikiran dan mental untuk meraihnya. Saya sangat gembira melihat keberhasilan orang-orang yang bergabung dalam bisnis organisasi Direct Selling. Mereka betul-betul orang yang tangguh.

Dalam diskusi kami, tamu saya bertanya, "bagaimana caranya agar orang-orang saya (team saya) memiliki komitmen tinggi dalam menjalankan bisnis ini" maksudnya tidak mudah patah semangat  (lost attitude).

Saya rasa pertanyaan ini (situasi mudahnya kehilangan team) akibat gampangnya patah semangat, juga situasi yang banyak di alami oleh rekan-rekan di bisnis organisasi direct selling.

Saya mencoba sharing berdasarkan pengalaman dan pengamatan saya selama berada dalam bisnis ini.

Pertama : Tanamkan Mind Set yang Benar
Menurut saya, hal yang paling mendasar mengapa orang mudah patah semangat (lost attitude) adalah tentang "Mind Set" atau cara pandang. Sebab, jika seseorang sudah memiliki mind set yang benar tidak mungkin orang tersebut akan mudah patah semangat.

Mind set di sini adalah bagaimana team Anda memandang bisnis yang sedang Anda tawarkan kepada mereka. Apakah bisnis ini hanya sekedar kegiatan rutin untuk mencari penghasilan atau ada goal besar yang Anda tawarkan yang dapat merubah kehidupan mereka atau mewujudkan impian besar mereka. Anda harus mampu meyakinkan (memotivasi) mereka.

Nah, coba luangkan waktu Anda bersama mereka untuk mendiskusikan hal-hal yang membuat mereka bersemangat untuk mencapai impiannya. Jika Anda pandai melakukan itu, Anda akan dengan mudah membimbing mereka, sebab dengan Mind Set yang benar motivasi akan tumbuh dari diri mereka sendiri.

Untuk menggali Mind Set Team Anda, pastikan Anda telah memiliki Mind Set yang benar tentang bisnis yang sedang Anda geluti. Jika tidak, Anda akan sia-sia melakukannya.

Kedua : Berikan Edukasi yang Tepat
Ketika Anda mampu menanamkan Mind Set yang benar kepada team Anda, lalu tidak ada tindak lanjut dalam memberikan Edukasi yang benar.... Kira-kira seperti apa jadinya? Tetap saja nihil alias percuma.

Mengapa? mereka mungkin tidak bisa melakukan apa-apa. Ibarat Anda menyuruh seseorang menuju ke suatu tempat, tetapi Anda tidak memberikan alamat (peta) dan kendaraan apa yang akan di tumpanginya untuk menuju ke sana. Orang tersebut akan di tersesat di tengah jalan, atau bahkan tidak mau pergi.

So... menurut saya, setelah Anda berhasil menanamkan Mind Set yang benar, pastikan Anda memberikan edukasi agar team Anda memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan proses untuk mewujudkan keberhasilan di dalam bisnis mereka.

Di dalam bisnis Direct Selling Management Training, ada banyak skill yang harus di ajarkan, di latih dan di praktekkan di lapangan. Pastikan Team  Anda memiliki seluruh skill-skill tersebut dan mempraktekkannya dengan benar.

Ketiga : Dampingi Team Anda Hingga Berhasil
Banyak kesalahan seorang pemimpin (Manager) dalam sebuah organisasi direct selling sehingga menyebabkan mereka sering kehilangan teamnya. Kesalahan tersebut antara lain adalah mereka membiarkan teamnya (anak buahnya) berjalan sendirian. Para manager berpikir ketika mereka telah memberikan motivasi dan meng-edukasi teamnya, mengganggap tugasnya telah selesai sampai di situ.

Ingat ! motivasi seseorang selalu berubah-ubah. Team Anda bisa saja lupa akan impiannya. Team Anda bisa saja membutuhkan waktu yang cukup untuk mempraktekan ilmu-ilmu yang telah di pelajarinya. Maka di butuhkan kehadiran Anda untuk mendampingi mereka secara terus menerus. Pastikan mereka benar-benar menguasai bisnis ini sehebat Anda, baik mind set-nya maupun skill-nya.


Jika Anda berhasil menerapkan ketiga hal tersebut di atas, saya berkeyakinan Anda akan dapat melihat keberhasilan bisnis Anda sendiri. Bersama-sama dengan mereka tentunya.

Semoga bermanfaat. Sukses DSMT !

Pertimbangkan : 
Pastikan Anda Selalu Melakukan UP-DATE ilmu pengatahuan Anda, terutama yang berhubungan dengan bisnis Anda. Ada banyak sekali artikel-artikel yang bermanfaat yang dengan mudah Anda akses di internet. Dengan memiliki banyak ilmu pengetahuan, wawasan Anda akan bertambah luas. Dengan sendirinya banyak solusi yang bisa Anda lakukan di dalam membangun dan mengembangkan bisnis Anda. Tentunya Anda bisa menjadi sumber solusi bagi team Anda.




EmoticonEmoticon