Featured Post

Super Cleansing Tea, Teh Detox dengan Kandungan Bahan Alami

harianbekasi.com - Teh detox adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada jenis teh yang di klaim memiliki sifat detoksifikasi atau mem...

14.5.23

BEM Prodi Tari UNJ Aksi Peduli “Art For Humanity” Di Sanggar Humaniora



Ketua Umum Yayasan Humaniora Rumah Kemanusiaan, Eddie Karsito, kembali menerima kunjungan adik-adik adalah para mahasiswa dari Universitas Negeri Jakarta, Sabtu (14/05/2023).

Rombongan terdiri dari Syifa Amalia Trisnawati, Alya Nabila Putri, Ratu Sekar Kumala Gayatri, Maulita Meysanti Setiawan, Ida Ayu Julia Maharani, Aurelia Dwika Aresty. Mereka Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Program Studi Pendidikan Tari Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.

Kunjungan mereka dalam rangka program aksi peduli sosial  "Art For Humanity", yang merupakan bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi dalam rangka pengabdian masyarakat.

Art For Humanity, terang Nabila, merupakan kegiatan yang dirancang Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Pendidikan Tari UNJ untuk mewujudkan cinta kasih.

Program Art For Humanity tahun 2023 ini, kami mengambil tema “BERLIAN” yang artinya “berbagi kemuliaan dengan kesenian”.

“Kami sebagai mahasiswa tidak terpaku pada estetika kesenian saja, tapi dengan kesenian kami dapat memotivasi, menginspirasi, dan berbagi kebahagiaan “Ujar Alya Nabila Putri mewakili rekan-rekannya.

Selain memberi perhatian pada masyarakat kurang mampu, program ini juga menampilkan karya tari sebagai bentuk sinergi antara berkesenian dan peduli terhadap sesama.

Aksi sosial tahun ini mereka kembali menyambangi Sanggar Humaniora, di Kranggan Permai, Jatisampurna Kota Bekasi.

“Melalui kegiatan ini diharapkan para mahasiswa menjadi lebih peka dan terasah jiwa sosial kemanusiannya,” ujar Selly Oktarini, ,S.Pd., M.Sn, selaku Dosen Pembimbing program ini.

“Membangun rasa saling peduli mahasiswa untuk saling membantu masyarakat yang membutuhkan,” ujar Selly.

Aksi peduli sosial ini di realisasikan dengan penyerahan bantuan sembako berupa; beras, mie instan, minyak goreng, teh celup, gula pasir, serta bingkisan snack pack.

Selain sembako, bantuan juga berupa kebutuhan pendidikan seperti buku tulis, penghapus pensil, type-x dan alat tulis lainnya untuk anak-anak binaan Sanggar Humaniora.

YayasanHumaniora Rumah Kemanusiaan, adalah lembaga nirlaba yang bergerak di bidang pelayanan sosial, pendidikan dan kegiatan budaya.

Menyelenggarakan kegiatan pendidikan formal dan non-formal secara gratis, serta menyalurkan bantuan sosial dan santunan.



Tahun ini, kata Eddie Karsito, yayasan humaniora menambah kegiatannya yaitu membuka usaha media, usaha digital dan bekerja sama dengan pihak lain. Salah satunya bekerja sama dengan MFSProduction, sebuah perusahaan “PH” di Penang, Malaysia.

Bantuan diserahkan Ida Ayu Julia Maharani, selaku penanggungjawab program Art For Humanity 2023, serta didampingi beberapa mahasiswa lainnya.

Bantuan di terima oleh beberapa pengurus yayasan antara lain : Iwan Gardiawan, Ali Amran, Indri Retno Putranti, I Gusti Made Ardikabudi, Andy Joe, mewakili pengurus lainnya yang berhalangan hadir.

Menurut Eddie Karsito, aksi peduli sosial lewat program Art For Humanity 2023 ini, sejalan dengan visi dan misi Yayasan Humaniora.

“Seni tari yang menjadi bidang studi mereka bukan hanya menggerakkan badan semata. Beragam makna penting tersirat dalam aktivitas seni ini. Selain gerak, tari merupakan pengejawantahan dari pemahaman nilai. Termasuk nilai-nilai kemanusiaan di dalamnya,” ujar Eddie Karsito.

Atas nama Keluarga Besar Sanggar Humaniora, Eddie juga menyampaikan terima kasih kepada  seluruh sivitas akademika Program Studi Pendidikan Tari Universitas Negeri Jakarta (UNJ), khususnya Panitia Penyelenggara Art For Humanity 2023.

“Terima kasih bantuan dan kepeduliannya. Temukan karunia Allah SWT dengan menolong orang lemah. Teruslah menginspirasi untuk kebaikan manusia melalui cara-cara kesenian, Salam Humaniora! ” ujar Eddie Karsito.(*)


EmoticonEmoticon