Featured Post

Super Cleansing Tea, Teh Detox dengan Kandungan Bahan Alami

harianbekasi.com - Teh detox adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada jenis teh yang di klaim memiliki sifat detoksifikasi atau mem...

1.8.19

Bekerja Secara Efektive, Bukan Berarti Harus Sibuk


Banyak karyawan yang mengeluh karena mereka tidak mendapat kenaikan jabatan atau gaji meskipun mereka sibuk setiap harinya. Kesibukan memang bukan merupakan sebuah indikator keefektifan cara kerja Anda. Sebagai karyawan, Anda sendiri di nilai bukan dari seberapa sibuknya Anda, tapi berdasarkan hasil yang Anda capai, yang menunjukkan seberapa besar kontribusi Anda terhadap perusahaan.

Agar dapat bekerja secara efektif, Anda harus mampu mengidentifikasi HPA atau High Pay Areas yang berarti pekerjaan waji atau pekerjaan utama Anda. Pada akhirnya, promosi, kenaikan gaji, dan sebagainya yang Anda terima akan sangat bergantung pada seberapa besar Anda bekerja pada wilayah HPA tersebut.

Jika Anda menghabiskan waktu bekerja di wilayah yang bukan HPA Anda, Anda sama saja dengan bekerja secara tidak efektive dan hasilnya jelas tidak akan maksimal.

Jelas setiap pekerjaan/jabatan memiliki HPA yang berbeda.Pekerjaan/jabatan yang sama di perusahaan yang berbeda saja memiliki HPA yang berbeda. Bahkan pekerjaan/jabatan/perusahaan yang sama, namun dengan atasan yang berbeda pasti akan memiliki HPA yang berbeda!.

Jadi, bagaimana cara mengetahui area HPA Anda? Berikut sejumlah cara untuk mengetahui HPA dalam pekerjaan Anda :

  • Baca deskripsi tugas Anda dan temukan HPA dalam jabatan Anda (banyak perusahaan menyebutnya Key Performance Area/Key Performance Indikator.
  • Baca penilaian kinerja Anda dan temukan dalam faktor-faktor apa Anda di nilai dan bobot masing-masing hal tersebut. Semakin tinggi bobot yang diberikan untuk hal tersebut, berarti semakin penting hal itu dalam jabatan Anda.

Ide untuk Action.

Identifikasi HPA Anda. Mungkin diperlukan waktu sehari untuk melakukannya, tapi begitu Anda memahami HPA Anda dengan sangat jelas, Anda akan tahu pasti cara memfokuskan waktu, perhatian dan usaha Anda untuk mendapatkan hasil terbaik.
Hal ini akan membawa Anda ke promosi jabatan dan peningkatan pendapatan yang lebih cepat!

Tanyakan secara langsung kepada atasan Anda karena dialah yang menilai prestasi Anda (secara tidak resmi, setiap hari dan secara resmi, setahun sekali).



EmoticonEmoticon