Featured Post

Super Cleansing Tea, Teh Detox dengan Kandungan Bahan Alami

harianbekasi.com - Teh detox adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada jenis teh yang di klaim memiliki sifat detoksifikasi atau mem...

5.2.11

The Way of Life

" Never work just for money or for power. They won't save your soul or help you sleep at night "

Alkisah ada seorang profesor yang pergi berperahu dengan seorang nelayan. Saat perahu bergerak menyusuri sungai, sang profesor bertanya kepada si nelayan, " Apakah kamu pernah belajar geologi?,"  Dengan terbengong nelayan itu menjawab, "Tidak!."


"Oh, jika begitu, kau akan kehilangan 25 persen hidupmu," kata sang profesor.

Saat melihat daun yang mengambang di sungai, profesor bertanya lagi, "Apakah kamu pernah belajar botani?." si nelayan menjawab, "Tidak, profesor"

Dengan menggeleng-gelengkan kepala, profesor berkata " Berarti kamu akan kehilangan 50 persen hidupmu."

Saat perahu menyusuri sungai dengan pemandangan deretan pegunungan, lagi-lagi profesor bertanya," Apakah kamu pernah belajar geografi?" Kembali si nelayan menjawab," Tentu saja tidak!.

Sang profesor pun berkata," betapa malangnya dirimu, karena kamu akan kehilangan 75 persen hidupmu,"

Saat perahu makin jauh menyusuri sungai, tiba-tiba air sungai bergolak dengan amat kuat. Begitu kuatnya arus air sehingga perahu itu pecah akibat membentur batu besar. Dan pada saat perahu mulai tenggelam, si nelayan ganti bertanya kepada profesor," Apakah profesor bisa berenang?." Dengan ketakutan profesor menjawab," Ti, tidak!."

"Ah, jika begitu, berarti profesor akan kehilangan 100 persen hidup ini,!" kata si nelayan sambali berenang menyelamatkatkan diri.

------------------
 Kadang kita sudah merasa nyaman dengan kondisi keuangan saat ini. Kita sudah merasa cukup dan jarang atau mungkin malah tidak memiliki rencana sama sekali akan apa yang akan dilakukan di kemudian hari. Kita berada di zona nyaman dimana hidup dilakoni dengan 'mengalir apa adanya'.

Hidup dalam perangkap waktu atau uang semacam itu memang tidak menarik. Semakin banyak uang yang kita punya, semakin sedikit waktu yang kita miliki. Namun, jika tidak memiliki uang, waktu yang diperlukan untuk mencari uang juga semakin banyak.

Kondisi yang ideal adalah cukup uang dan waktu. Hidup memang bukan persoalan materi semata, karena kebahagiaan bukanlah berapa jumlah uang yang kita miliki, tetapi bagaimana kita bisa merasa cukup dengan uang yang kita miliki dan memiliki waktu untuk menikmatinya.

Uang memang tidak bisa membeli kebahagiaan. Namun, tanpa uang, bagaimana kita bisa hidup (bahagia)? It's not about money, It's about the way of life.

 (dari buku, financial planning, Taufik Hidayat, Transmedia, 2010)




EmoticonEmoticon