Featured Post

Super Cleansing Tea, Teh Detox dengan Kandungan Bahan Alami

harianbekasi.com - Teh detox adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada jenis teh yang di klaim memiliki sifat detoksifikasi atau mem...

15.2.11

Perlukah Karyawan Berbisnis Sampingan? (bag II)

Tags

Karyawan Perlu Bisnis
Dalam artikel "perlukah karyawan berbisnis sampingan? bagian I", disebutkan sumber-sumber pendapatan. Selanjutnya jenis pendapatan itu sendiri terdiri dari 2 macam pendapatan yaitu :

Pendapatan aktif
Yaitu kita bekerja untuk mendapatkan uang, karakteristik utama dari pendapatan aktif adalah waktu yang diperlukan. Kita harus menukar waktu dengan uang. Jika berhenti, maka arus uang pun akan berhenti.

Pendapatan pasif
Di sini uang yang bekerja untuk kita. Kebalikan dari pendapatan aktif. Bila kita berhenti menghabiskan waktu untuk mengerjakan sumber penghasilan ini, maka arus uang tidak akan berhenti mengalir begitu saja. Tentu ada berbagai macam tingkatan pendapatan pasif dan mendapatkan penghasilan pasif yang tinggi merupakan dambaan semua orang.

Lalu kenapa kita harus memerhatikan penghasilan alternatif? Karena penghasilan alternatif merupakan komponen penting dalam mencapai kebebasan finansial. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan memiliki sumber penghasilan yang banyak, yaitu.




  • Jika kita kehilangan pekerjaan utama, maka penghasilan yang didapat akan turun sedikit dibandingkan kehilangan sumber penghasilan sama sekali.








  • Semakin tinggi karier kita, semakin sulit untuk menemukan pekerjaan yang memiliki gaji sama seperti sebelumnya.







  • Memiliki sumber penghasilan yang banyak akan mempercepat langkah kita menuju goal dan impian kita.







  • Penghasilan yang berlipat akan memberikan rasa kebebasan finansial bagi mereka yang mendapatkannya, bagaimanapun yang dimaksud dengan kebebasan finansial adalah suatu keadaan dimana kita tidak lagi memerlukan pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan hidup.




  • Penghasilan yang berlipat memberi kita fleksibilitas tinggi. Kita akan memiliki kekuatan yang lebih besar jika tahu bahwa kita tidak menggantungkan hidup pada pekerjaan utama.