Featured Post

Super Cleansing Tea, Teh Detox dengan Kandungan Bahan Alami

harianbekasi.com - Teh detox adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada jenis teh yang di klaim memiliki sifat detoksifikasi atau mem...

5.12.17

Jack Ma, Dari Si GILA menjadi si KAYA RAYA



Jack Ma. Orang terkaya di Cina ini pernah mengungkapkan bahwa ia akan membuat Alibaba bertahan selama 102 tahun. Dengan demikian kerajaan internet yang didirikannya pada tahun 1999 itu dapat berjaya hinga tiga abad. Pemikirannya tersebut dianggap out of the box oleh sebagaian orang, tapi tak sedikit juga yang mengganggapnya gila. Julukan "Crazy Jack Ma" pun dilekatkan pada pria bertubuh kecil ini.

Nyatanya, di bawah kepemimpinan Sang Maverick, perusahaan yang hingga saat ini sudah berjalan selama 15 tahun tersebut telah mejembatani periode perubahan perdagangan global dan juga perubahan perekonomian Cina yang luar biasa. Dalam sebuah negara yang memiliki lebih sedikit pemain e-commerce daripada anggota birokrat Partai Komunisnya, Jack membesarkan "raksasa" yang terus bertumbuh. Perusahaannya tersebut mampu menembus pasar Amerika Serikat, dengan penawaran Initial Public Offering (IPO) perdana pada bulan September tahun 2016 lalu.

Anda tidak pernah tahu seberapa banyak yang bisa Anda lakukan dalam hidup Anda
-Jack Ma-

Jack Ma menjadi sebuah nama fenomenal di dunia bisnis. Ia adalah pendiri Alibaba, yaitu perusahaan e-commerce terbesar di Cina yang menjadi pesaing berat bagi Amazon dan Ebay. Pria yang memasuki usia 53 tahun 2017 ini tidak berasal dari keluarga saudagar, bukan pula insinyur atau ahli teknologi informasi. Ia tak pernah secara resmi belajar ilmu komputer, sales marketing online ataupun manajemen bisnis.

Ia, pada awalnya adalah seorang guru bahasa Inggris dan penerjemah. Tinggal di sebuah distrik kecil Cina bernama Hanhzhou membuatnya tak pernah bersentuhan dengan internet, apalagi gadget. Satu-satunya modal sukses yang dimilikinya saat itu adalah kemampuan berbahasa Inggris yang apik, dan juga semangat belajar yang kuat.

Modal inilah yang kemudian membuatnya terbang ke Amerika Serikat, negara yang membuka matanya mengenai internet dan bisnis e-coomerce. Titik balik tersebut membuat Jack Ma menjadi salah satu orang terkaya di dunia dengan kekayaan bersihnya mencapai $30 miliar menurut Indeks Billionardes Bloomberg.

Kisah sukses Jack Ma inilah yang membuat orang takjub dan berdecak kagum. Pria yang menjadi bintang sektor swasta Cina di panggung dunia kerap memanfaatkan teknik manajemen barat, dan disaat yang sama juga senang mengutip pemikiran Mao Zedong. Jack adalah penggemar novel kungfu dan menjadikan legenda kungfu sebagai budaya perusahaannya.


EmoticonEmoticon